Rabu, 19 Juni 2013

Ngapain ya saat mati lampu??


Akhir-akhir ini sering terjadi pemadaman listrik di Padang. Pemadaman listrik tersebut dilakukan bergilir di setiap area kota Padang. Tanya kenapa, saya tidak tau penyebabnya. Yang saya tau ketika listrik padam, lampu akan mati. Bila pemadaman listriknya pada malam hari, tentu suasana akan gelap gulita. Terima-kasih kepada perusahaan/penemu lampu emergency, cimporong dan lilin. Karenanya suasana gelap tadi akan diterangi oleh penerang alternatif yang dulunya masih digunakan oleh orang-tua kita.

Mati lampu terkadang bikin bingung. Tadinya mau belajar jadi susah, mau baca buku susah, mau beres-beres ga boleh. Mau gunting kuku, eh jangan nanti berdarah jarinya. So, daripada boring gelap-gelapan mungkin sedikit notes di bawah bisa kita lakuin pas mati lampu :

MERENUNG DAN BERZIKIR
Suasana yang tenang saat mati lampu, sunyi, temaram, syahdu, pas banget buat muhasabah diri. Merenung, me-rewind apa yang kita lakukan hari ini. Pastikan merenung bukan berarti bengong, terlebih lagi dengan pikiran kosong. Kalo kayak gitu nanti malah kesambet jadinya. So, iringi muhasabah kita dengan zikir kepada Yang Kuasa, berdoa dan intropeksi diri. Dengan begitu masa-masa mati lampu malah mendekatkan diri seorang hamba dengan Penciptanya.

MEMANDANG LANGIT
Kenapa begitu? saat mati lampu, suasana yang gelap akan memperlihatkan sisi indah dari langit yang jarang terperhatikan. Pada malam hari suasana menjadi gelap, itu sebabnya sinar bintang nampak terang. Namun, karena gemerlapnya malam hari oleh lampu-lampu gedung, pertokoan, jalan, bintang-bintang menjadi tidak terlalu nampak. Ketika mati lampu merupakan moment yang pas untuk menatap ke langit di malam hari yang cerah yang di penuhi bintang-bintang. Hal itu membuat kita sadar akan betapa kecilnya kita, betapa besarnya kekuasaan Tuhan yang telah menciptakan alam semesta dengan segala kesempurnaannya. Bareng teman atau keluarga memandang langit di malam hari bisa menjadi moment yang tak terlupakan.


MAIN BAYANGAN
Ini adalah kerjaan yang paling sering saya lakukan kalau mati lampu. Seru juga bermain tebak-tebakan dengan yang lain dengan bayangan. Eitss.. jangan salah, bermain bayangan bisa merangsang daya imajinasi dan otak kita untuk menghasilkan sesuatu yang kreatif lho..
Tebak hewan apakah ini ?


MAKAN-MAKAN

Makan malam dengan cahaya lilin malah jadi bisa menambah suasana jadi lebih romantis. Kenapa engga? mumpung lampu sudah mati, yang tadinya ga ada niat romantisan malah jadi 'candle light dinner'. So, ga perlu reservasi dulu ke restoran mahal kan. Jangan khawatir rasa masakan akan berubah, kecuali masaknya juga pas mati lampu, bisa-bisa ketukar garam sama gula.

NGOBROL
Ngobrol adalah cara yang paling tepat untuk menghilangkan kebosanan dan memecahkan keheningan. Eitss.. jangan ngobrolin yang horror kalo ga mau tambah ngeri karena suasananya kan sudah mendukung, gelap gulita, atau bahkan untuk pecinta misteri mungkin mati lampu malah jadi tambahan agar cerita horror tadi semakin kerasa.

TIDUR
Bagi saya tidur adalah alternatif terakhir atau pilihan utama saat mati lampu. Alternatif terakhir bila mata tidak mengantuk atau menjadi pilihan utama karena suasana sudah mendukung. Kelam dan sunyi, so pas buat rileks mengistirahatkan badan. Kalo ga biasa mematikan lampu sebelum tidur, mungkin senter bisa dialihkan menjadi lampu tidur. Tapi, jangan menggunakan lilin sebagai penerang bila ingin tidur, kita tidak tau apa yang akan terjadi saat tidur, bisa jadi kan lilin tadi malah menyebabkan bencana. Dan paling penting, kunci pintu rumah, pintu kamar dan berdoa sebelum kita tidur.

Oyasuminasai....




Tidak ada komentar:

Posting Komentar