Kamis, 13 Juni 2013

Pulau Kapo- Kapo (Kapo-kapo Island)

 Welcome in Kapo-kapo island!!
It's one of hidden paradise from West Sumatra..
Here, I'll guide you to know about Kapo-kapo Island specifically :)

Pulau kapo-kapo terletak di daerah Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Sekitar 20 menit dapat ditempuh melalui boat nelayan dari daerah Tarusan, Painan.

Jalan masuk pulau
Jangan harap akan mendapatkan dermaga yang bagus saat akan menuju ke Pulau tersebut. Yang ada malah jajaran hutan bakau akan yang akan kita lalui sebelum menuju daratan. Karena kapal kami tidak bisa melewati perairan yang dangkal di area hutan bakau jadi untuk memasuki pulau itu dengan kapal nelayan- sekoci- jalan.
Dan akhirnya saya tercengang saat tiba di Pulau. Subhanallah, seakan melihat dunia baru, pantai yang indah, sepi, dan damai. Tapi jangan harap sinyal handphone nya penuh, yang ada malahan tanda emergency call.

Di Pulau tersebut terdapat satu mushalla dan beberapa rumah penduduk. Anak-anak SD di Pulau tersebut harus pergi ke pulau yang lain untuk bersekolah karena memang tidak ada SD disana. Ga kebayang bagi saya perjuangan anak-anak tersebut untuk sekolah. Lah wong saya saja harus basah-basahan melewati hutan bakau untuk masuk ke Pulau tersebut.

Pasir putih yang indah, koral di tepi pantai, air laut biru yang luas dipayungi langit biru yang indah, bagi saya ini SEMPURNA. Saya ga muluk-muluk menamakannya hidden paradise. Padahal sebelumnya saya sempat gelisah karena pagi harinya hujan. Saya khawatir cuaca hujan tidak berhenti. Syukur langit disana sangat cerah sehingga betah berlama-lama duduk di atas pasir putih. 

Seashore at Kapo-kapo Island
 Selepas shalat zuhur, kami makan siang diatas rumput diantara pohon-pohon kelapa. Jangan ditanya rasanya, saya yang bukan pecinta ikan bahkan dengan lahapnya makan gulai ikan yang disuguhkan. Sepertinya suasana pulau tersebut menambah selera makan saya. Hap..hap..hap makan dengan lahap :)

Ikan kecil diantara karang
Sebenarnya saya tidak sabar ingin segera menjelajahi pantai disana. Makan siang selesai, kami berpencar. Ada yang foto-foto, mancing, snorkeling, ngobrol-ngobrol dengan penduduk sekitar dan saya tentu saja berjalan di sepanjang pantai. Pasirnya bersih..bersih..bersih sekali. Tapi dari tepi pantai kita tidak bisa langsung berenang karena terdapat jajaran karang sepanjang 10 meter ke arah laut. Saking jernihnya air laut tersebut, kita bahkan bisa melihat ikan-ikan kecil berenang di antara karang. Kawaiii  >.<




So, monggo, kalo mampir ke Sumatera Barat, Pulau ini recomended banget deh buat dijelajahi. Kalo lagi mengunjungi Pulau Cubadak aka Pulau Mandeh (di Pulau ini sudah ada resort yang dikelola orang asing), mampir juga atuh ke pulau Kapo-kapo, cuma sekitar 10 menit dari Pulau Cubadak. Walau basah-basahan masuk ke Pulau Kapo-kapo, tapi kalau sudah sampai sana, ga bakalan nyesel dan ga terlupakan.

Buah apa ya namanya?

Apa yang ganjil dalam gambar ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar